Saturday, 30 April 2016

4 Tugas Pokok Guru Disekolah Terbaru

4 Tugas Pokok Guru Disekolah - Pada kesempatan kali ini admin senang sekali bertemu kembali yang mana sebenarnya admin sedang sibuk disekolah namun untuk menyempatkan waktu tak ada salahnya donk, dibawah ini mungkin dan barang kali rekan semua yang seadang mencari bahan untuk
sekedar pengetahaun tak ada salahnya admin untuk berbagi , berikut adalah 4 Tugas Pokok Guru Disekolah :

4 Tugas Pokok Guru Disekolah

1.    Mendidik

Mendidik adalah kegiatan guru dalam member contoh ,tuntunan, petunjuk dan keteladanan yang dapat diterapkan atau ditiru siswa  dalam sikap dan prilaku yang baik , dalam kehidupan sehari-hari. Adapun yang dominan dalam aspek ini adalah aspek afektif ( sikap dan nilai)  .

Agar proses tersebut berjalan dengan baik maka setiap guru dituntut untuk :
a. Mampu merumuskan tujuan yang ingin dicapai
b. Memahami dan menghayati tugas frofesi sebagai guru
c. Mampu menjadi teladan yang baik
d. Mampu menjadi orang tua yang kedua
e. Memiliki sifat-siaft terpuji dan menjauhi diri dari sifat - siaft tercela
Proses pendidikan merupakan proses yang panjang maka dari itu konsitensi sikap yang baik yang ditampilkan seorang guru harus tetap terjaga , baik disekolah maupaun di luar sekolah.

2.    Mengajar

Mengajar adalah salah satu kegiatan yang dilakukan oleh seorang guru untuk mentrasfer ilmu atau memberikan pengetahuan dan informasi sebanyak – banyaknya kepada peserta didik sesuai dengan pedoman dan petunjuk yang telah ditetapkan, dalam hal ini aspek yang paling dominan adalah aspek kognitif (pengetahuan).
Untuk melaksanakan kegiatan belajar dengan baik tentunya seoarang guru dituntut untuk menguasi hal-hal berikut:

a. Mampu merumuskan tujuan pembelajaran
b. Menguasi prisip-prinsip belajar mengajar
c.  Menguasai sumber belajar mengajar
d. Menguasai dan mampu menitegrasikan antara pendekatan metode dan teknik belajar mengajar
e. Mampu menggunakan sarana dengan baik
f.  Dan mendorong peserta didik untuk aktif
Maka dari itu jika hal diatas tidak diperhatiakan tentunya hanya membuang -buang waktu dan tujuanpun tidak tercapai.
3.    Melatih ( Membimbing )

Melatih adalah kegiatan yang dilakukan dalam membimbing, member contoh dan petunjuk - petunjuk praktis berkaitan dengan gerakan, ucapan dan perbuatan lainnya dalam rangka mengembangkan aspek psikomotor (keterampilan) peserta didik. Adapun aspek psikomotor dalam pendidikan
agama islam seperti : ibadah (solat), berwudhu dan lain sebaginya.

Kemudian hal-hal yang harus diperhatikan oleh guru dalam kegiatan membimbing ini adalah:

a. Mampu menuliskan ayat-ayat Al-Quran dengan baik dan benar
b. Mampu menjadi khotib dan imam
c. Mampu merumuskan tujuan yang ingin dicapai
d. Mampu merikan contoh gerakan wudhu

4.    Menilai ( Mengevaluasi )

Penilaian adalah salah satu kegiatan yang dilakukan guru untuk mengukur atau mengetahui tingkat keberhasilan proses dan hasil belajar  mengajar dikelas. Penilaian proses adalah penilaian yang dilakukan pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung, sedangkan penilaian hasil adalah
penilaian yang dilakukan pada akhir kegiatan belajar mengajar.
Agar penilaian yang dilakukan berjalan dengan baik maka setiap guru perlu memperhatik hal di bawah ini :

a.Mengetahui dengan jelas pengertian , tujuan dan fungsi penilaian
b. Memahami dengan baik jenis, teknis dan cara penilaian. 
c. Memahami dengan jelas prinsip-prisip penilaian
d. Dan lain sebagainya 

Dengan melakukan hal itu seorang guru akan mengetahui tingkat kemajuan belajar siswa. Tanpa
penilaian maka akan sulit mengetahuai apakah kegiatan belajar sesuai dengan rencana dan tujuan apa malah sebaliknya.

Baca juga :
Itu saja barang kali yang bisa disampaikan semoga bermanfaat. jangan lupa untuk sarannya , jika ada kritik dan saran itu sangat admin tunggu untuk perbaikan kedepannya.

Sunday, 24 April 2016

Sepuluh Kompetensi ( Kemampuan ) Guru

Sepuluh Kompetensi ( Kemampuan ) Guru - Selamat datang selamat bersantai bagi kawan yang mungkin sedang bersantai hari ini . bagi kawan yang sekedar mencari  mencarai informasi tentang 10 kompetensi guru di sini admin coba akan shering dan menyampaikan tentang 10 kompetensi guru.


Sepuluh Kompetensi ( Kemampuan ) Guru
Berikut ini akan di ulas tentang Kemampuan  Guru yang sudah di rangkum , berikut adalah
10 kompetensi guru.



Itu saja 10 kompetensi guru yang bisa disampaikan , mohon maaf bila ada kesalahan baik dari segi pengucapan maupaun pengetikan , semoga saran selalu di kedepankan. terimakaih sudah meluangkan waktunya.


Monday, 18 April 2016

Kumpulan SK, KD, PROTA, PROMES Silabus, RPP, KKM PJOK Kelas 1 - 6 Semester 1 & 2

Kumpulan SK, KD, PROTA, PROMES Silabus, RPP,  KKM PJOK Kelas 1 - 6  Semester 1 & 2 -  selamat berjumpa kembali kawan semua , pada kesempatan kali ini admin baru muncul lagi mohon maaf karna disekolah ada kegiatan yang tak bisa di tinggalkan , nah bagi kawan yang sekarang mencarai perlengkapan pembelajaran PJOK kelas 1,2345 dan 6 sd nih admin akan sodorin beberapa perangkat pembelajaran silahkan untuk disimak baik - baik :



SK, KD, PROTA, PROMES Silabus, RPP,  KKM PJOK kelas 1,2345 dan 6 sd

Berikut adalah beberapa File yang sudah tersedia untuk siap di unduh untuk lebih jelasnya simak dibawah ini :


SK, KD, PROTA, PROMES Silabus, RPP,  KKM PJOK kelas 1,2345 dan 6 sd

Kunjungi juga

Itulah Kumpulan SK, KD, PROTA, PROMES Silabus, RPP,  KKM PJOK Kelas 1 - 6  Semester 1 & 2 yang nanti akan dipublish pada pertemuan yang akan datang maka bersabarlah untuk menunggu, maka dari itu saran dan kritik sangat admin butuhkan agar segera di publish , semoga senantia mengunjungi terus blog sunadinata.

Monday, 11 April 2016

Contoh Tata Tertib Perpustakaan yang Baru

Contoh Tata Tertib Perpustakaan yang Baru - pada kesempatan kali ini admin sedikit shering tentang salah satu pengetahuan yang mana tentang tata tertib perpustakaan , biasanya jika dalam lingkungan sekolah ada perpustakaan idealnya ada yang namanya tata tertib sehingga dengan adanya tata tertib peserta didik akan terbiasa disiplin , berikut ini adalah salah satu Contoh Tata Tertib Perpustakaan.


Contoh Tata Tertib Perpustakaan yang Baru

Berikut ini adalah salah satu contoh tata tertib yang sudah diaplikasikan Untuk lebih jelasnya coba simak saja dibawah ini:





Itu saja yang bisa disampaikan semoga bermanfaat , semoga perpustakaan yang sedang rekan emban bisa menambah kedisiplian peserta didiknya. terimakasih sudah berkunjung.

Tuesday, 5 April 2016

4 Cara Mudah Menghapal Materi Pelajaran

4 Cara Mudah Menghapal Materi Pelajaran - Pada kesempatan kali ini admin coba shering tentang cara menghapal materi pelajaran biasanya materi ini ditugaskan untuk adik - adik yang masih duduk dibangku sekolah ,biasanya jika ada tugas dari guru dan  memberikan tugas menghapal dengan durasi waktu sedemikian kemudian dites perorangan  ini merupakan salah satu hal membuat hati adik adik berdebar , bisa atau tidak , nah pada kesempatan ini tidak ada salahnya untuk memberikan dan sering tentang 4 Cara Mudah Menghapal Pelajaran  berikut adalah caranya:


4 Cara Mudah Menghapal Pelajaran


  • Membacanya
Jika materi yang akan kita hapal yang pertama adalah mebaca dengan berulang -ulang dengan tidak terburu- buru pastikan selalu diingat dalam benak dan pikiranya , usahakan jika membaca kondisi raga dan jiwa tidak kemana - mana artinya tidak melamun.
  •  Konsentrasi
selain hal yang diatas dilakukan dengan membaca selanjutnya yaitu dengan konsentarsi tidak mempunyai pikiran kemana- mana sehingga materi yang kan dihapal akan terserap dan mudah diingat didalam otak.
  • Ruangan belajar
Selain berkonsentari tetunya mempunyai ruangan yang khusus untuk belajar jika dirumah, kemudian jika disekolah pastikan menmpunyai ruangan yang khusus tidak ada gangguan apapun , baik dari hewan kecil dll. sehingga hapal cepat masuk .
  • Adanya kemuan
Jika tidak dibarengi dengan kemauan tentunya rasanya sulit menghapalkan materi pelajaran, maka dari itu selalu mempunayi dasar kemauan untuk menghapal materi.


Itu saja barang kali yang bisa disampaikan semoga bermanfaat , terima kasih sudah berkunjung .semoga di lain kesmpatan bisa berkunjung kembali di blog sunadinata.