Friday 13 November 2015

Hal - Hal yang disukai Anak Sebelum Memulai Belajar Disekolah

Advertisements

Hal - Hal yang disukai Anak Sebelum Memulai Belajar mengajar disekolah - Pada kesempatan kali ini admin akan shering tentang hal yang memang disukai anak dalam proses belajar mengajar . Biasanya anak merasa jenuh dan bosan ketika memulai pelajaran ,terlebih lagi materi pelajaran yang mereka terima sudah banyak diserap istilah kata pelajaran yang kita sampaikan paling terakhir .  lantas bagaimana cara menumbuhkan semangat anak ( trik mengajar agar anak tertarik dengan materi kita ) atau bisa dibilang cara mensiasati anak yang jenuh belajar simak dibawah ini





  • Berikan sebuah pertujukan
Sebelum memulai pelajaran alangkah baiknya memberikan sebuah contoh  pertunjukan ,karna anak senang dengan sebuah pertunjukan . salah satu contoh adalah :

a. Sulap 

Sulap bisa dijadikan trik untuk memberikan semangat belajar anak meskipun kita bukan lah seorang pesulap tapi tidak ada salahnya mencoba hal seperti ini. ketika mencoba sulap janganlah terlalu ekstrim atau berbahaya , dengan hanya mengandalkan kertas atau hitung menghitung .

b. Asah otak 

Asah otak anak juga bisa dijadikan sutu pertunjukan meskipun bukan guru matematika tapi setiadaknya anggaplah seperti guru matematika. misalnya : menyuruh satu anak kedepan untuk menjumlahkan angka .  jika sudah dijumlahkan . anak disuruh mengambil selembaran kertas yang ada dimeja kita untuk diperlihatkan keteman - temannya apakah sama jawabnya  . jika kurang jelas tunggu postingan berikutnya.

c. Membawa sebuah permainan

Memang tujuan anak diskolah adalah belajar namun tidak ada salahnya seoarang guru menunjukan sebuah permaian untuk memberikan semangat belajar . misalnya membawa sebuah  robot yang bisa bergoyang, janganlah terlalu lama memberikan pertunjukan robot tersebut minimal setengahnya buatlah anak penasaran dengan robot tersebut . biasanya robot ini disenangi untuk anak SD.
  • Berikan sebuah hadiah
Anak bianya senang dengan hadiah , sebelum pelajaran dimulai alangkah baiknya memberikan hadiah dengan sedikit memberikan pertanyaan tenatang bahasan sebelumnya ,hadiah janganlah terlalu mahal . bisa dibaca  Contoh Hadiah atau Reward Untuk Siswa .
Ternyata seoarang guru idealnya dituntut untuk kreatif sebelum memulai pembelajaran , sehingga anak menyukai pelajaran yang akan kita sampaikan , atau memberikan sebuah pertunjukan yang berkaitn dengan materi yang akan disampaiakan dan  itu tergantung kreatif rekan semua ? Mungkin itu saja yang bisa disamapaikan semoga ada manfaatnya  , kiranya ada kritik dan saran jangan sungkan - sungkan tulis dikolam dibawah ini.
Advertisements

Related Post:

No comments:

Post a Comment