Home » Archives for April 2014
Wednesday 30 April 2014
MAKALAH KESADARAN NILAI
KESADARAN NILAI
MAKALAH
Di Ajukan Sebagai Tugas Pada Mata Kuliah Pendidikan Nilai
Dosen pembimbing:Drs H Abdul Muthalib, M.pd
Disusun Oleh:
Sunadinata
Supriatna
FAKULTAS TARBIYAH SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM
NIDA EL-ADABI
PARUNG PANJANG BOGOR 2014
KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat rahmat dan hidayah-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini yang membahas mengenai “Kesadaran Nilai”. Makalah ini disusun guna memenuhi tugas matakuliah pendidikan Nilai . Penulis mencoba memberikan suatu pemahaman yang berguna untuk pembaca. Serta mengembangkan minat untuk mempelajarinya.
Harapan penulis semoga makalah ini bisa bermanfaat bagi mahasiswa/i STAI NIDA EL-ADABI khususnya semester IV, yang mudah-mudahan berkenan Di hati bapak selaku dosen mata kuliah pendidikan Nilai. Penulis menyadadari bahwa makalah ini jauh dari sempurna maka dari itu penulis mohon maaf apabila ada kesalahan dan kekurangan dalam pembuatan makalah ini.
Parung panjang,16 April 2014
Penulis
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR ……………………………………..……………. 2
DAFTAR ISI …………………………………………………. 3
BAB I
PENDAHULUAN
I.1. Latar Belakang …………………………………………………. 4
I.2. Rumusan masalah …………………………………………………. 4
I.3 Tujuan ……………………………..…………………. 4
BAB II
PEMBAHASAN
II.1. pengertian kesadaran dan nilai ……………………………....…………. 5
II.2. Dimana letak nilai …………………………………………............ 6
II.3. Cara Manusia Memperoleh nilai …………………………….……………. 6
II.4. Proses Lahirnya kesadaran nilai ……………………………….……… 7
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan …………………………………………………. 10
DAFTAR PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
I.1. Latar Belakang
Di dalam kenyataan kehidupan sehari-hari dalam masyarakat tidaklah hanya berwujud suatu jumlah perilaku dah hubungan-hubungan antara manusia, melainkan sekaligus juga berwujud dalam suatu sistem determinan yang disebut sistem nilai dan norma. Menurut Mulyana nilai itu adalah rujukan dan keyakinan dalam menentukan pilihan. nilai merupakan sesuatu yang sangat penting serta tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan bermasyarakat,karena keduanya merupakan saling berkaita antara nilai dan kesadaran.
Tanpa adanya nilai dan kesadaran dalam kehidupan bermasyarakat, maka dalam kehidupan bermasyarakat tersebut akan banyak terjadi kericuan di berbagai tempat karena tidak adaya alat yang digunakan sebagai pedoman prilaku.
Untuk memperjelas pertimbangan-pertimbangan nilai yang melibatkan iktiar manusia,berikut ini diketengahkan uraian tentang pengertian nilai dan kesadaran, letak nilai, cra manusia memperoleh nilai, dan proses lahirnya nilai.
I.2. Rumusan Masalah
• Apa definisi dari kesadaran dan nilai?
• Dimana letak nilai ?
• Cara manusia memproleh nilai?
• Proses lahirnya kesadaran nilai ?
I.2. Tujuan
Penulisan makalah ini memiliki tujuan :
• Memahami definisi kesadaran dan nilai
• Memahami Dimana letak nilai
• Memahami Cara manusia memperoleh nilai
• Memahami Proses lahirnya kesadaran nilai
BAB II
PEMBAHASANAN
II.1. Pengertian Nilai Dan Kesadaran
Kata "value" yang kemudian di terjemahkan kedalam bahasa indonesia menjadi nilai.berasal dari bahasa latin valere atau bahasa prancis kuno valoir ( encncyclopedia of real estate terms,2002) .
Dalam sebuah laporan yang ditulis A Club of Rome ( UNEESCO,1993) Nilai dapat di uraikan dalam dua gagasan yang saling bersebrangan.Disatu sisi nilai dibicarakan sebagai nilai ekonomi yang disandarkan pada nilai produk,kesejahtaraan, dan haraga .Sementara dilain hal,nilai digunakan untuk mewakili gagasan atau makan ayang absrak dan tak terukur dengan jelas.nilai yang abstrak dan sulit iudkur yaitu keadilan,kejujuran ,kebebasan ,kedamaian dann persamaan.
Sedangkan kesadaran menurut kamuas bahasa indonesia sadar yang artinya insaf, tau dan mengerti. Menurut kurt Bair menafsirkan nilai dari sudut pandangnya sendiri tentang keinginan,kebutuhan,kesenangan, seseorang sampai pada snksi dan tekanan darimasyarakat.
II.2. Dimana Letak Nilai
Menurut Frank(1985) menunjukan bahwa nilai berada di dalam benak orang (people’s mind). Pendapat ini diperkuat oleh smith dan jones (1993) dalam buku philosopy of mind yang menyatakan bahwa keyakinan,keehendak,perasaan atau pengindraan dan pemikiran berada pada setuktur kerja benak. Sementara itu Newcomb menafsirkan bahawa nilai merupakan tujuan tujuan terpisah yang terjadi secara luar biasadan di sekelilingnya terdapat tingkah laku yang di organisasi.
Sementara UNESCO (1993) menunjukan tempat nilai secara pragmatis dipersepsi sebagai kualitas tingkah laku,pemikiran,perasaan, dan sikap manusia yang diterima dan dihargai masyarakatn.
Selanjutnya atas dasr pemikiran itu UNESCO memandang bahwa nilai bukan merupakan realitas tertutup dan berada sendiri.Nilai terikat bersama-sama dalam ikatan logis dan membentuk satu kesatuan.
II.3. Cara Manusia Memperoleh Nilai
Ketika kemampuan manusia dibicarakakan pemikikiran klasik dan psikologi sampai pada pertanyaan tentang manakah yang berpengaruh pada proses belajar seseorang ,faktor bawaan atau faktor lingkungan karna faktor ini sebenarnya sangat terikat erat dengan perolehan nilai seseorang dalam kehidupannya.Cara perolehan nilai pada diri seseorang yang berlangsung pada kedua titik kutub diakui dalam pandangan ini,namun sebenarnya persoalan utama bukan terletak pada pengakuan atas dua pandangan yang berbedan ,melainkan terletak pada kualitsa pengaruh faktor bawan dan faktor lingkunan terhadap kesadaran nialai pada individu.
Selanjutnya pemahaman tentang perolehan niai perlu dipahami dan dikaji .ketika perolehan nilai dilihat dari sisi moral individu ,maka proses tersebuttidak terpisahkan dari peroses kehidupan individu dankehidupan sosial.demikian pula ketika kesadaran niai dilihat dari moral beragama ,maka hal itu melibatkan kekuatan iktiar manusia dan kebenaran ilahiyah.
4. Peroses Lahirnya Nilai
Nilai dapat dipesepsikan sebagai kata benda maupun kata kerja sebagai kata benda nilai diwakili oleh sejumlah kata benda absstark seperti keadilan ,kejujuran ,kebaikan ,kebenaran ,dan tanggung jawab .sedangkan nilai sebagi kata kerja berarti suatu usaha penyadaran diri yang ditunjukan pada pencapaian nilai-nilai yang hendak dimiliki.
Menurut ken wilber menulis tentang kesadaran integral dalam journal of consciousness studies dua belas teori yang berpengaruh dalam ilmu kesadaraan.
• Aliran ilmu kognitif
Aliran ini menjelaskan bahwa kesadaran berakar pada skema berpikirdalam otak secara fungsional,walaupun dalam bentuk-bentuk kerja otak secara fungsional.
• Aliran istrospeksionisme yang memandang bahwa kesadaran manusia hanya dapat di pahami dari istessitas
• Aliran psikologi saraf yang memandang bahwa kesadaran berada pada sistem saraf dan mekanisme organik.
• Aliran psikotrapi individual yang memandang bahwa kesadaran yang paling utama terletak pada kemampuan organismeindividu untuk melakukan penyesuaian.
• Aliran psikologi sosial yang memandang bahwa kesadaran berada pada peraturan makna kultural yang dibentuk pada suatu komunitas sosial
• Aliran Psikologi perkembangan yang memandang bahwa kesadaran merupakanproses yang terpisah dari perkembangan individu sesuai dengan dengan tahap pertumbuhan yang dialaminya.
• Dialaminya aliran psikokosomatik yang memandang bahwa kesadaran merupakan proses interaktif antara kekuatan intrinsik dengan tubuh secara organik salah satu yang ditempuhnya adalah memantapkan keyakinan nilai pada seseorang melalui peribadatan agar memperoleh kesembuhan secara berangsur-angsur.
BAB III
PENUTUP
KESIMPULAN
Dari pemaparan diatas dapat disimpulkan bahwa nilai di pandang sebagai sesuatu hal yang aktif yang di pengaruhi cara pertimbangan nilai, oleh karena itu ,wacana perolehan nilai akan terkait dengan pengaruh lingkungn dan bawaan atau cara orang menetapkan posisinya dalam mempertimbangkan nilai, dimana letak nilai, cara manusia memperoleh nilai, dan proses lahirnya nilai.
DAFTAR PUSTAKA
Mulyana,rahmat Mengartikulasikan Pendidikan nilai Pada Periode Klasik dan Pertengahan Bandung: Alfabeta, 2004
Alya ,Qonita kamus bahasa indonesia PT indah jaya adipratama 2009.
http://www.slideshare.net/alimrizqiana1/konsep-pendidikan-nilai
.
Tuesday 29 April 2014
KENAKALAN ANAK-ANAK DAN CARA MENGOBATINYA
KENAKALAN ANAK-ANAK
Didalam keluarga baik keluarga elit maupun keluaraga alit yang sudah berkeluarga dan sudah mempunyai anak pasti ada yang namanya persoalan yang muncul salah satunya kenakaan pada anak ,baik ketika brtamu ksaudara , bertamu ke tetangga pasti di repotkan dengan kenakalan anak-anak..
di bawah ini ciri-ciri anak nakal dan cara pengobatan nya
semoga bermanfaat .........?
Jenis Jenis Kenakalan
1. Kenakalan secara sadar dan sengaja adalah perbuatan yang memahami betul akan perbuatan buruk yang dilakukan dan tau bahwa dirinya tengahmelakukan perbuatan tercela dan sadar apa yang di perbuatanya, namun ia sengaja melakukan kenakalan itu demi memaksa orang tuanya untuk memenuhi keinginanya.
2.Kenakalan tanpa sadar dan tanpa sengaja dimana anak melakukan perbuatan buruk tanpa memahami keburukannya dan hanya menyangka apa yang dlakukan demi mencapai keinginanaya sebagai perbuatan baik.
Ciri-Ciri Anak Nakal
1.Tidak memiliki keseimbangan perasaan perasaan ,ahlak dan kejiwaan
2.Sering mengalami kesululitan dalam pergaulan serta suka memaksakan kehendak dan keinginannya
3.memiliki keinginan yang tidak masuk akal
4.menangis dengan tangisan yang lantang
5.memaksa keinginan dan kehendak dengan menerjang rintangan yang menghadang
6.tidak memiliki perasaan belas kasih
7menempuh cara paksan,siksaan, demi mencaoai keinginan
8.tidak memilikikejernihan dalam berpikir
9.tidak mampu memanpaatkan akalnya hanya bergantung pada khayalan dan angan-angan
kenakalan di tunjukan pada orang yang di anggap nya paling lemah
Cara Pengobatan Dan Penanganan
1. Menyikapkan penyebab dan jenisnya
penyebab dan jenis kenakalan merupan langkah pertamadalam peroses pengobatan . penyebab kenakalan harus di telaah dulu begitu juga dengan jenis kenakalan
2. Menghilangkan gejala-gejala
apabiala kenakalan dalam diri anak sudah menjadi kebiasaan maka cara menanganinya adalah dengan menentangkebiasaan tersebut
3.Memberikan peringatan dan pemahaman
Dalam sejumlah keadaan , kita sharus bisa memberikan peringatan dan pemahaman pada anak bahwa tindakan itu tidak baik dan buruk
4.Memenuhi kebutuhan pokok
Dalam diri anak terdapat dua kebutuh yaitu yang pertama kebutuhan perut seperi makan ,minum dll. kedua kebutuhan persaan bahwa seorang anak butuh kasah sayang dan perhatian
5.peringatan terakhir
Semoga bermanpaatttttt......
Sunday 27 April 2014
penyebab kegagalan diskusi
PENYEBAB KEGAGALAN DISKUSI
1. Adanya anggota kelompok yang tidak patuh pada apa yang ditentukan
2.Adanya anggota yang memiiki kelompok yang berbeda
3.Adanya konflik pribadi timbul karna pemilihan atau penggunaan kata-kata yang kurang baik
4.Adanya anggota yang kurang senang berpartisipasi dalam diskusi
5.Adanya anggota yang menyeleweng dari pokok diskusi untuk kepentingan sendiri
1. Adanya anggota kelompok yang tidak patuh pada apa yang ditentukan
2.Adanya anggota yang memiiki kelompok yang berbeda
3.Adanya konflik pribadi timbul karna pemilihan atau penggunaan kata-kata yang kurang baik
4.Adanya anggota yang kurang senang berpartisipasi dalam diskusi
5.Adanya anggota yang menyeleweng dari pokok diskusi untuk kepentingan sendiri
Thursday 24 April 2014
CALEG GILA DAN STRES
CALEG GILA DAN STRES MULAI BERMUNCULAN
Tangal 9 april 2014 merupakan sejarah bagi caleg, banyak korban demokrasi mulai bermunculan, lemahnya mental berujung malapetaka bagi meraka yang telah memproklamirkan sebagai caleg. memasang foto-foto baik spanduk, maupun stiker yang di tempelkan di pinggir-pinggir jalan khususnya di pohon-pohon yang pemasangannya semeraut acak adul yang asal tempel bahkan ada di rumah-rumah waraga khususnya di pintu yang khonon katanya tanpa sepengetahuannya ada yang diposkamling dll yang tersebar dimana-mana yang mengumbar janji dan menarik simpati serta mengeluarkan uang banyak dan banyak diantara mereka menanggung utang dan pinjam ke sana -kesini untuk menjadi caleg.
Nah bagaimana cara untuk mencegah
stressssssssssssss.........
inilah obatnya............
1.Membaca Al Qur’an dan disertai maknanya
2.Perbanyaklah berpuasa
3.perbanyaklah Mendirikan shalat malam yaitu solat tahajud
4.Merendahkan diri di hadapan Allah dengan zikir
5. berkumpul dengan orang -orang soleh
Itulah obat sterssss yang paling mujarab..... he he
pengertian evaluasi dan fungsi evaluasi
PENGERTIAN EVALUASI DAN FUNGSI EVALUASI
Pengertian Evaluasi
evaluasi berasal dari bahasa Inggris:Evaluation akar katanya dalah Value yang berarti nilai atau harga .menurut kamus bahasa indonesia evaluasi adalah penilaian.
Evaluasi menurut Kumano merupakan penilaian terhadap data yang
dikumpulkan melalui kegiatan asesmen. Sementara itu menurut Calongesi evaluasi adalah suatu keputusan tentang nilai
berdasarkan hasil pengukuran.
Fungsi
Evaluasi
- Mengetahui apakah siswa dapat mencapai
tujuan yang telah di tetapkan
- Mengetahui kondisi belajar yang
disiapkan,apakah dapat menyebabkan siswa belajar
-
Mengetahui apakah prosedur pembelajaran
berlangsung dengan baik
- Mengetahui dimana letak hambatan pencapaian tujuan
tertentu
Thursday 17 April 2014
perpustakaan
PERPUSTAKAAN
Dijaman era globalisasi sekarang perpustakaan seakan terlupakan khususnya bagi peserta didik. karna semakin majunya dunia teknologi dan ilmu pengetahun yang kita inginkan bisa diakses melalui internet namun tidak seharusnya kita melupakan yang namanya perpustakaan.kita bisa melihat dari kacamata bahwasanya peserta didik lebih memilih bermain -main ketika jam istirahat seperti main bola,main bola voly, petak umpet dll.padahal momen itu sangat berarti ketika waktu itu digunakan dengan menimba ilmu di perpustakaan. Padahal perpustakaan mempunyai segudang buku yang berjajaran yang berisi ilmu.berjajarnya buku tak elak dengan debu-debu yang menempel dibuku karna tidak dibaca.
Di dalam dunia pendidikan perpustakaan sangatlah penting karena dengan membaca buku wawasan kita akan bertambahdan wawasan itu bertambah dan tidaknya tergantung kita membacanya. jika kita fokus ketia membaca dan sering mengamalkan ilmu yang kita baca terhadap orang lain maka ilmu dan wawasan itu akan bertambah, begitu juga sebaliknya ,karena pepatah mengatakan semakin diasahnya piasau maka akan semakin tajam begitu juga halnya dengan ilmu. maka dari itu gunakan kesempatan mu dengan menimba ilmu jangan terpokus juga membaca buku dengan hal-hal yang berbau maksiat .
semoga kita bisa menyempatkan waktu dengan menimba ilmu...... aminnnnn...!!!
Wednesday 16 April 2014
PENGERTIAN PERTUMBUHAN FISIK
Pengertian Pertumbuhan Fisik
Pertumbuhan adalah.suatu proses perubahan psikologis yang bersifat progresif dan kontinyu dan berlangsung dalam priode tertentu
Pertumbuhan adalah.suatu proses perubahan psikologis yang bersifat progresif dan kontinyu dan berlangsung dalam priode tertentu
Friday 11 April 2014
pengertian perkembangan
pengertian perkembangan
perkembangan dapat diartikan sebagai proses perubahan kuntitatif dan kulitatif individu dalam rentang kehidupannya,dari masa konsepsi,masa bayi, masa kanak kanak,masa remaja,sampai masa remaja.
perkembangan dapat diartikan sebagai proses perubahan kuntitatif dan kulitatif individu dalam rentang kehidupannya,dari masa konsepsi,masa bayi, masa kanak kanak,masa remaja,sampai masa remaja.
Subscribe to:
Posts (Atom)