Thursday, 27 March 2014

Resep Ampela Pedas

ACAR AMPELA PEDAS

BAHAN
  • 400 ampela ayam
  • 20 btr bawang merah kecil 
  • 2 buah asam kandis
  • 2 lbr daun salam 
  • 2 lbr daun jeruk,iris tipis
  • garam dan merica secukupnya
  • 1 bungkus penyedap rasa
 BUMBU HALUS
  • 7 buah cabai merah kriting
  • 2 siung bawang putih
  • 2 sdt gula merah 
  • 3 cm lenkuas muda
  • 3 c jahe
  • 2 cm kunyit
CARA MEMBUAT
  • Rebus ampela ayam dengan 300 ml air,1 lbr daun salam , setengah sudut garam hingga empuk,angkat, tiriskan ,iriskan ampela setngah cm sisihkan
  • tumis bumbu halus, masukan daun salam dan daun jeruk masukan rebusan ampela dan penyedap rasa. tambahkan 100 ml air,serta garam dan meraica . masak hingga bumbu meresap
  • masakan bawang merah dan asam kandis,aduk rata. sjikan

SELAMAT MENCOBA



Tuesday, 25 March 2014

BUKU

BUKU




 Ohhhhh Buku.....
kau lah gudang ilmu
setiap kalimat-kalimat mu berisi ilmu
setiap lembaran -lembaran mu berisi ilmu
      Orang tau karna mu
      Orang bisa karna membaca
      Ohhhh Bukuuu...
      kaulah gudang ilmu
kau berjajaran
tapi  kau di hiraukan
debu-debu bertaburan
seakan kau terlupakan
    
     

pengertian kecerdasan intelektual

Pengertian Kecerdasan Intelektual

Kecerdasan intelektual adalah kecerdasan yang menuntut pemberdayaan otak,hati ,jasmani, dan pengaktifan manusia untuk berintraksi secara fungsiaonal dengan yang lain.

Menurut Danah Zohar Dan Ian Marshall kecerdasan intelektual adalah kecerdasan yang berhubungan dengan proses kognitif .seperti berpikir daya menghubungkan menilai dan memilih serta mempertimbangkan sesuatu.

Monday, 24 March 2014

Pengertian Belajar Dan Pengertian Belajar Menurut Para Ahli

Pengertian Belajar
 Belajar merupakan suatuproses yang dilalui oleh individu untuk memperoleh perubahan tingkah laku kearah yang lebih baik sebagai hasil dari pengalaman individu dalam intraksi dengan lingkungan.

Pengertian Belajar Menurut Para Ahli

1.Menurut Skinner belajar suatu prilaku,pada saat orang belajar,maka responnya menjadi lebih baik, sebaliknya apabila ia tidak belajar, maka responnya menurun

2.Menurut Gagne belajar merupakan kegiatan yang kompleks yaitu setelah belajar orang memilikiketerampilan,pengetahuan,sikap dan nilai

3.Menurut Henry Clay Lingren  Dan Netwin Suter belajar merupakan perubahan yang relatif permanen dalam bentuk tingkah laku yang terjadi sebagai pengalaman.

Uang

 UANG





Kau begitu berarti
Dalam kehidupan kau selau dicari
Begitu banyak orang  menjual harga diri
karna keluarga yang kurang mencukupi
     Tiap lembaran mu begitu berarti
     Tanpa kau hidup terasa mati
     Banyak keluarga yang kurang mencukupi
     Hingga  rela membohongi diri sendiri
Meski kau ada dimana-mana
tapi ku harus mencari kemana-mana
Resahhhhhhh......
Gelisahhhhhh....
    Tak pernah  Lelah maupun Letih 
    Untuk mencari kau
     karna kau selau ku cari.......
    Dan selalu  kucariiii.....................
  
         


Cara Membuat Soun kuah Kangkung


SOUN KUAH KANGKUNG 









Bahan:
  • 150 g soun ,rendam dalam air panas
  • 200 g daging ayam cincang 
  • 60 g daun kangkung darat
  • 4 siung bawang putih,iris ,goreng ,cincang kasar
  • 1 sdt garam 
  •  1 sdt gula 
  • merica secukupnya
  • 3 sdm minyak goreng
  • 1 Bngks penyedap rasa( masako, rayko dll)
                            
  Pelengkap:
  • cabai rawit merah iris
  • bawang putih goreng
Cara Membuat:
  • tumis bawang putih goreng . tambahkan ayam cincang tuangkan 1,2 ltr air bumbui penyedap rasa yang disukai( masako,rayko dll) masak hingga mendidih
  • masukan kangkung ,garam dan gula, dan merica.masak sebentar angkat 
  • atur soun dalam mangkung saji. tuangi kuah . sajikan .
SELAMAT MENCOBA

Sunday, 23 March 2014

Pengertian Manajemen Dan Pengertian Manajemen Menurut Beberapa Tokoh

pengertian manajemen
Dalam mengartikan dan mendefinisikan manajemen ada berbagai ragam,ada yang mengartikan dengan ketatalaksanaan, manajemen,pengurus dan lain sebagainya. dila dilihat dari literarur yang ada pengertian manajemen dapat dilihat dari tiga pengertian:
1. manajemen sebagai satu proses
2.manajemen sebagai suatu kolektivitas manusia
3.manajemen sebagai ilmu dan sebagai seni

Pengertian Manajemen Menurut Beberapa Tokoh 

1.Menurut Haiman  manajemen yaitu fungsi untuk mencapai  suatu tujuan melalui kegiatan-kegiatan orang lain,mengawasi usaha-usaha yang dilakukan individu untuk mencapai tujuan.

2.Menurut Georgy R.Terry yaitu cara pencapaian tujuan yang telah ditentukan terlebih dahulu dengen melalui kegiatan orang lain

3.Menurut Encylopedia of The Sosial Scine yaitu suatu proses dimana pelaksanaan suatu tujuan tertentu dilaksanaakan dan diawasi

Pengertian Penilaian Diri dan Penilaian diri Menurut Beberapa Tokoh

Pengertian Penilaian Diri

Penilaian diri adalah suatu metode yang memberi kesempatan kepada siswa untuk mengambil tanggung jawab terhadap mereka sendiri.

Pengertian Penilaian Diri Menurut Beberapa Tokoh

1.Menurut Weeden,winter, dan broadfoot mendefinisikan penilaian diri sebagai suatu proses reviu yang melibatkan belajar dalam ;
a.mereflesikan pengalaman masa lalu
b.mengingat dan memahami apa yang terkait dengan pengalaman yang dipelajari
c.mencoba menambah ide yang lebih jelas tentang apa yang dipelajari atau di capai

2.Menurut De Lange penilaian diri sebagai bagian intrinsik dari sembarang program yang bertujuan untuk menolong para siswa agar lebih bertanggung jawab terhadap belajar mereka sendiri.

3,Menurut Aaia penilaian diri sebagai semua aktifitas yang dilakukan di dalam dan diluar kelas yang memungkinkan siswa mereflesikan apa yang telah diajarkan dan membandingkannya dengan seperangkat kriteria.

Thursday, 20 March 2014

Pengertian kultural dan kultural sekolah menurut beberapa tokah

Pengertian Kultural Menurut Beberapa tokoh

1.Menurut peterson mengatakan konsep kultural mengarah pada kepercayaan,adat istiadat,kebiasaan dan prilaku.

2.Menurut Brown kultural sebagai suatu hal yang luas dan mempengaruhi prilaku orang dalam organisasi,masyarakat dan negara. dan secara umum brown menyatakan bahawa bahwa kultural didefinisikan sebagai seprangkat nilai-nilai,sikap dan kepercayaan dan norma-norma, baik tertulis maupun tidak tertulis.

3.Menurut Schein mendefinisikan kultural sebagai suatu pola asumsi dasar hidup yang diyakini bersama,yang diciptakan ,dikemukakan atau dikembangkan oleh sekelompok masyarakat dan dapat digunakan untuk mengatasi persoalan hidup mereka,oleh karna diajarkan dan diturunkan generasi ke generasi sebagai pegangan prilaku, berpikir dan rasa kebersamaan diantara mereka.

Pengertian kultural Sekolah Menurut Beberapa tokoh

1.Menurut Wagner kultural sekolah yaitu sebagai keyakinan,sikap dan prilaku yang mencirikan suatu sekolah.
2.Menurut Djohar kultural sekolah yaitu sebagai kultural akademik yang terstruktur, yang mengembangkan intelektual  siswa.

3Menurut Peterson kultural sekolah meliputi rencana kerja,kurikulum,demografi,dan kebijakan,intaksi sosial yang terjadi dalam struktur sekolah dan memberikan perasaan persahabatan,kompotetif,elite,dan inclusive pada warga seolah.
Menurut peterson .

Pengertian Evaluasi Mnurut Beberapa Tokoh

Pengertian Evaluasi Menurut beberapa tokoh

1.Menurut kirkendall,dkk evaluasi adalah proses penentuan nilai atau manfaat dari suatu data kolektif.

2.Menurut stuffelbeam evaluasi adalah proses memperoleh, menyajikan dan menggambarkan informasi yang berguna untuk menilai suatu alternatif penngembalian keputusan.

3.Menurut Ebel Evaluasi adalah suatu kebutuhan dimana evalasi harus memberi keputusan tentang informasi apa saja yang di butuhkan,bagaimana informasi tersebut dikumpulkan ,serta bagaimana informasi tersebut disintesiskan untuk mendukung hasil yang diharapkan.

4.Menurut Tyler Evaluasi adalah proses penentuan sejauh mana tujuan pendidikan telah tercapai.

5.Menurut Griffin dan Nix Evaluasi adalah judgment terhadap nilai atau implikasi kegiatan pengukuran atau penilaian

6.Menurut Mardapi Evaluasi merupakan salah satu rangkain kegiatan dalam meningkatkan kualitas,kinerja atau produktivitas suatu lembaga dalam melaksanakan programnya

7.Menurut Nitko dan Brookhart Evaluasi adalah  suatu proses penetapan nilai yang berkaitan dengan kinerja dan hasil karya siswa

Tak Lelah Banting Tulang

pagi menjelang siang
tak larut mencari uang
tak lelah banting tulang
untuk menutupi perut yang keroncongan
    Sore menjelang malam
    Tak boleh  aku berdiam
    Meski jalan terasa suram
    Dan waktu tak berdiam
Langkah terus aku telusuri
Meski hujan membasahi
Tapi ku tetap jalani
untuk mencari sesuap nasi
   
     
     

Wednesday, 19 March 2014

Makalah Alat Evaluasi

APLIKASI PEMILIHAN
ALAT EVALUASI BELAJAR
MAKALAH
Di Ajukan Sebagai Tugas Pada Mata Kuliah Perencanaan Pengajaran Pendidikan Agama Islam (PAI)
Dosen pembimbing: Jaji ulum bahri, M.pd






   






Disusun Oleh:
Sunadinata
Mutiara tirta
Alhujaefi

           

   
FAKULTAS TARBIYAH SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM
NIDA EL-ADABI
PARUNG PANJANG BOGOR 2014

KATA PENGANTAR

       Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat rahmat dan hidayah-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini  yang membahas mengenai “aplikasi pemilihan alat evaluasi belajar”. Makalah ini disusun guna memenuhi tugas matakuliah perencanaan pengajaran pendidikan agama islam (PAI). Penulis  mencoba memberikan suatu pemahaman yang berguna untuk pembaca. Serta mengembangkan minat untuk mempelajarinya.
     Harapan penulis semoga makalah ini bisa bermanfaat bagi  mahasiswa/i STAI NIDA EL-ADABI khususnya semester IV, yang mudah-mudahan berkenan Di hati bapak selaku dosen mata kuliah perencanaan pengajaran pendidikan agama islam (PAI). Penulis menyadadari bahwa makalah ini jauh dari sempurna maka dari itu penulis mohon maaf apabila ada kesalahan dan kekurangan dalam pembuatan makalah ini.









Parung panjang,10 maret 2014
    Penulis





DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR    ii
DAFTAR ISI     iii
BAB  I PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang  ..................................................................................  1
BAB  II PEMBAHASAN
A.  Pengertian Evaluasi   ............................................................................  2
B.  Fungsi  Evaluasi    .................................................................................. 2
C. Jenis Evaluasi..........................................................................................  2
D.  Alat Evaluasi    ....................................................................................... 3
E.  Teknik Evaluasi    .................................................................................... 4
F.  Langkah-Langkah Evaluasi    ................................................................... 4
     BAB  III PENUTUP                            
      A. Kesimpulan      .....................................................................................6
DAFTAR PUSTAKA 
BAB I
PENDAHULUAN


A.    Latar Belakang
         Dunia pendidikan merupakan dunia  yang dinamis.Berbagai faktor mempengaruhi keberhasilan pendidikan tanpa mengetahui faktor manakah yang berpengaruh,namun demikian seorang guru tidak akan berhenti,dan selalu belajar memahami berbagai gejala salah satunya  alat evaluasi pembelajaran.
      Keberhasilan  dalam proses pembelajaran yang dapat dilihat dari prestasi belajar yang di capai siswa Kriteria keberhasilan guru dan siswa dalam melaksanakan program pembelajaran dilihat dari kompotensi dasar yang di miliki oleh siswa, jika di analisis lebih rinci akan diperoleh  informasi tentang kesulitan siswa dan evaluasi harus dilakukan secara terus menerus  ,oleh karna itu kemampuan guru menyusun dan menlaksanakan evaluasi merupakan bagian dari kemampuan menyelenggarakan proses pembelajaran secara keseluruhan















BAB II
PEMBAHASAN
A.  Pengertian Evaluasi
       Evaluasi (bahasa Inggris:Evaluation) adalah proses penilaian atau
evaluasi juga bisa di artikan sebagai  salah satu komponen sistem
pembelajaran.
      Menurut Mehrens & Leman  Evaluasi adalah suatu proses dalam
merencanakan,memperoleh, dan menyediakan informasi yang sangat
diperlukan untuk membuat alternatif – alternatif keputusa.
Berdasarkan pengertian tersebut,maka evaluasi adalah suatu penilaian  proses di dalam pembelajaran  sejauh mana kesulitan siswa dalam menyerap pembelajaran yang telah ditetapkan .


B.  fungsi  Evaluasi
•    Mengetahui apakah siswa dapat mencapai tujuan yang telah di tetapkan
•    Mengetahui kondisi belajar yang disiapkan,apakah dapat menyebabkan siswa belajar
•    Mengetahui apakah prosedur pembelajaran berlangsung dengan baik
•    Mengetahui  dimana letak hambatan pencapaian tujuan tertentu

C.Jenis Evaluasi
•    Evalusi formatif
Yaitu evalusi yang dilaksanakan setiap kali selesai dipelajari suatu unit pelajaran tertentu.manfaatnya sebagai alat penilai proses pembelajaran suatu unit materi pembelajaran tertentu.tujuannya untuk memperbaiki proses pembelajaran.Hasil tes dianalisis untuk mengetahui konsep yang belum dikuasai siswa,kemudian diadkan kegiatan remidial.
•    Evaluasi Sumatif
Yaitu evaluasi yang dilaksanakan setiap akhir pembelajaran suatu program atau suatu unit pelajaran tertentu.Evaluasi ini mempunyai manfaat untuk menilai hasil pencapaian siswa terhadap tujuan suatu program pelajaran dalam suatu priode tertentu,seperti semester atau akhir  tahun pelajaran.
•    Evaluasi Diagnostik
Yaitu evaluasi yang dilaksanakan sebagai sarana diagnosis. Evaluasi ini bermanfaat untuk meneliti atau mencari sebab kegagalan pembelajaran atau dimana letak kelemahan siswa dalam mempelajari suatu atau sejumlah unit pelajaran tertentu.
•    Evaluasi Penempatan
Yaitu evaluasi yang dilaksanakan untuk menempatkan siswa dalam suatu program pendidikan atau jurusan yang sesuai dengan kemampuan(baik potensial maupun aktual) dan minatanya.Evaluasi ini bermanfaat dalam rangka proses penentuan jurusan sekolah.


D.Alat Evaluasi
Dalam hal ini alat evaluasi dapat dibedakan menjadi dua macam,yaitu:
•    Evaluasi menggunakan tes baku
Tes baku adalah tes yang dapat dijadikan alat  pengukuran secara tepat dan tetap.Ketetapan suatu alat tes ini dimaksudkan,bahwa alat itu dapat dijadikan pengukur kemampuan sesuatu dengan hasil yang sah.Pelaksanaannya dapat dilakukan kapan saja untuk mengukur kemampuan sesuai dengan tujuan dengan hasil yang selalu dapat menggambarkan keadaan yang bersangkutan dalam mata pelajaran itu.Sebuah alat tes baku untuk mengukur kemampuan siswa SMA dalam mata pelajaran fisika misalnya.
•    Evaluasi menggunaan tes tidak baku (Buatan guru)
Tes tidak baku adalah tes yang tidak diketahui kesahihanya dalam mengukur kemampuan tertentu secara tetap,dan tidak dipercaya ketetapannya.kepentingannya terbatas,yaitu untuk mengukur hasil belajar tertentu,dilakukan tehadap kelompok tertentu.

E.Teknik Evaluasi
Ada dua macam teknik yang digunakan dalam evaluasi,yaitu:
•    Teknis tes
Tujuan penilaian dengan tes yaitu untuk mengetahui:
a.tingkat kemampuan awal siswa
b.hasil belajar siswa
c.pertumbuhan dan perkembangan prestasi siswa
d.eberhasilan guru dalam menyelenggarakan kegiatan pembelajaran.
Tes dapat dilakukan dengan tiga cara
a.tes lisan
b.tes perbuatan
c.tes tertulis
•    Teknik bukan tes
Teknik bukan tes umumnya menggunakan alat-alat seperti:
a.wawancara atau intervew
b.angket
c.pengamatan atau observasi
d.daftar chek atau chek list
e.skala penilaian

F.Langkah-Langkah Evaluasi
Pelaksanaan evaluasi menempuh tiga tahap
•    Tahap persiapan
Pada tahap ini bahan-bahan yang di perlukan untuk menyusun alat evaluasi di himpun bahan-bahan tersebut meliputi:
a.Tujuan pembelajaran
b.menentukan ruang lingkupdan urutan materi pembelajaran berpedoman pada kisi-kisi yang di buat
c.menuliskan butir-butir soal,dengan bentuksebagai mana di rencanakan dan dibuat dalam kisi-kisi
d.jika evaluasi dilaksanakan selain untuk kepentingan evaluasi formatif,soal yang di buatperlu di uji terlebih dahulu sebelum di perbanyak sesuai kebutuhan
•    Tahap pelaksanaan
•    Tahap pemeriksaan
   





BAB III
PENUTUP

 KESIMPULAN
Dari pemaparan di atas dapat di simpulkan bahwa evaluasi merupakan proses belajar untuk  menilai atau mengoreksi sejauh mana kesulitan siswa dalam proses pembelajaran dan evaluasi harus dilakukan secara terus-menerus agar tujuan yang telah ditetapakan bisa tercapai,oleh karna itu kemampuan guru menyusun dan menlaksanakan evaluasi merupakan bagian dari kemampuan menyelenggarakan proses pembelajaran secara keseluruhan


Pengertian haidh

Haidh menurut bahasa artinya mengalir. jika sandarkan pada lafal arab haidh bermakna jurang atau pohon,maka berarti telah megalir kedalam juran dan telah mengalir getah sebuah pohon.
Menurut kamus arab kata haidh dari fi'il madly hadlot almaar'atu tahidlu haidon wamahidlon itu berarti wanita yang sedang menstruasiatau haidun.
Adapun menurut syara haidh adalah darah tabiat yang keluar dari leher rahim wanita pada waktu kondisi sehat.

pengertian


Revisi : peninjauan(pemeriksaan) kembali untuk pemeriksaan
Eksakta: bidang ilmu yang bersifat konkret yang dapat diketahui dan diselidiki berdasarkan percobaan serta dapat di buktikan dengan pasti
Eksperimen: percobaan dan bersistem dan berencana( untuk membuktikan kebenaran suatu teori,dsb)
Hipotesis: suatu yang di anggap benar untuk alasan atau pengutaraan pendapat(teori,proposisi,dsb)
meskipun kebenaranya masih dapat dibuktikan
Filateli: koleksi dan penyelidikan tentang perangko,meterai,dan pengumpulan prangko
Riset:penyelidikan(penelitian) suatu masalah secara bersistem,kritis dan ilmiah untuk meningkatkan pengetahuan dan pengertian,mendapatkan fakta yang baru atau melakukan penapsiran yang lebih baik

Pengertian Remaja dan Keunggulan

Pengertian Remaja
kata remaja berasal dari terjemahan bahas inggris adolescence dan bahasa latin adolescere yang berarti "tumbuh" atau "tumbuh menjadi dewasa".Dalam kamus bahasa indonesia kata remaja memiliki tiga arti yaitu "mulai dewas", "sudah sampai umur untuk kawin" dan "masa muda".
Menurut jean piaget Masa remaja adalah  usia dimana individu beritegrasi dengan masyarakat dewasa,usia dimana dimana anak tidak lagi merasa dibawah tingkat orang-orang yang lebih tua melainkan berada dalam tingkatan yang sama, sekurang-kurangnya dalam masalah hak. integrasi dalam masyarakat (dewasa) mempunyai banyak asfek efektif,kurang lebih berhubungan dengan masa fuber,termasuk juga perubahan intelektual yang mencolok.


Pengertian keunggulan 
keunggulan secara bahasa bisa berarti banyak hal yaitu "keutamaan","kelebihan",
"kecakapan","kemahiran" ,"terbaik "dan semacamnya.

Thursday, 13 March 2014

CARA ISLAM MELIMBAS SEKS BEBAS

PENGARANG :REZKIANA RAHMAYANTI
                          (Ketua Laznah Khusus Sekolah -MHTI)

Sek bebas dikalangn remaja tidaklah terjadi dengan sendirinya.banyak faktor yang memicu aktivitas penyimpangan perilaku ini. penyebab utama maraknya seks bebas  adalah adanya penerapan sistem kapitalisme yang mengagungkan kebebasan individu dalam hal berprilaku,beragama, berpendapat dan kepemilikan

Faktor Pemicu Seks Bebas
  • fungsi negara yang lemah
  • andil media masa
  • masyarakat permisif
  • meluasnya porno aksi dan fornografi
  • pendidikan agama lemah 
  • keluarga bermasalah 

Solusi islam untuk mengatasi permasalahn sex bebas diantaranya:
  1. .islam telah memerintahkan kepada kepala keluarga untuk mendidik anggota keluarga dengan islam agar jauh dari api neraka( lihat:Qs at-tahrim[66]:6)
  2. .sebagai tindakan preventif islam memiliki seperangkat solusi,diantaranya:
  • islam telah mewajibkan laki-laki dan perempuan untuk menutup aurat,yang bila di langgar ada sanksinya. terkait aurat laki-laki yang wajib ditutup.  Rasullah saw ,bersabda."sesungguhnya (laki-laki)dari bawah pusar sampai kedua lututnya merupakan auratnya(HR Ahmad)." adapun terkait wanita Allah swt telah memerintahkan kau wanita untuk menutup aurat mereka.termasuk memakai jilbab (lihat: Qs: an-Nur[24]:31 dan al-Ahzab [33]:59 dengan tertutupnya aurat maka porno aksi dan pornograpi tidak akan ada di masyarakat.
  • islam menghruskan laki-laki dan perempuan untuk menundukan pandangan mereka(Qs an-nur[24]:30-31) laki-laki tidak boleh memandang perempuan dengan pandanganyang bersifat seksual.demikan juaga perempuan mereka harus menghindari diri dari perbincangan yang mengarah ekploitasi seksualitas .perbincangan diantara mereka hanya perbincangan tugas dan keahlian mereka saja demi kebaikan dan kemajuan 
  • islam menerapkan pemisah antara tempat aktivitas laki - laki dalam kehidupan umum di tempat-tempat tertentu ,seperti dalam aktivitas belajar mengajar .
  • islam melarang mendekati aktivitas-aktivitas yang merangsang munculnya perzinaan(Qs al-Isra' [17]:32) misalnya islam melarang aktivitas berdua-duaan antara laki-laki dan perempuan tanpa ada kepentingan yang di bolehkan syariah. Rasulullah saw bersabda: jangan sekali sekali seorang lelaki berdua-duaan dengan perempuan (berkhlawat) sesungguhnya setan ada sebagai pihak ketiga. ( HR al baihaqi)
  • islam melarang seorang pria dan wanita melakukan kegiatan dan pekerjaan yang menonjolkan sensualitasnya
  • islam menjadikan pernikahan sebagai satu-satunya solusi untuk memenuhi naluri seksual yang sesuai dengan fitrah dan tujuan penciptaan naluri sex.islam mendorong setiap muslim yang telah mampu menanggung beban sebagai cara pemenuhan naluri seksual(lihat Qs an-Nur[24]:32 ).                                                                                                                                               3.islam memelihara urusan masyarakat agar berjalan sesuai dengan aturan allah swt.oleh karena itu,islam telah menyiapkan seperangkat sanksi yang telah di terapkan negara bagi pelanggaran aturan allah swt. dalam hal ini untuk mencegah terjadinya sex bebas , yaitu Allah SWT menetapkan  hukuman rajam bagi pezina musham(yang sudah menikah) dan cambuk 100 kali bagi pezina yang bukan musham.                                                                                             4.islam melarang aktivitas  membuat dan mencetak gambar porno membuat cerita bertema cinta dan merangsang nfsu syahwat.                                                                                              5.islam memerintahkan amar maruf nahi munkar,tidak boleh membiarkan ada suatu kemaksiatan .                                                                                                

Wednesday, 12 March 2014

ingatlah akan semua pepatah

- kalah jadi abu menang jadi arang.
artinya:pertengkaran tidak menguntungkan pihak manapun.

-jangan mengukur baju orang dibadan sendiri.
artinya:tidak boleh menggunakan derajat kita 
sebagai pengukur atau jangan menyamakan 
derajat orang lain.

-jangan lemparkan pancing tiada berumpan.
artinya:sia-sia mengharapkan sesuatu jika
syaratnya tidak cukup.

-jangan menggerakan ular tidur.
artinya:jangan menjagakan musuh yang terlena,
bisa-bisa mendapatkan bahaya.

-jangan dilepaskan tangan kanan,
sebelum tangan kiri berpegangan.
artinya:jangan melepaskan pekerjaan 
yang ada,sebelum mendapatkan yang baru.

-harapan tak putus sampai jerat tersentak rantus.
artinya:tidak mau berputus asa sampai saat terakhir.

-cepat kaki ringan tangan.
artinya:dikatakan pada orangorang yang suka menolong

-bagai baling-baling diatas bukit
artinya:dikatakan pada seseorang yang sangat mudah terpengaruh
oleh hasutan orang lain.

-bagai anak ayam kehilangan induk.
artinya:ribut kocar-kacir untuk mencari perlindungan

-air beriak tanda tak dalam.
artinya:orang yang sombong biasanya kuarang ilminya

-tak ada gading yang tak retak.
artinya:tidak ada satu pun yang sempurna,
semua pasti ada cacatnya.

-buah yang manis biasanya berulat.
artinya:kata-kata yang manis biasanya menyesatkan 
atau menjerumuskan.

-tiada rotan akar pun jadi.
artinya:tidak ada yang bagus yang jelek pun tidak apa-apa

-dimana bumi dipijak disana langit dijungjung
artinya:jika kita pergi ketempat lain kita harus menyesuaikan,
menghormati,dan toleransi dengan budaya setempat.

Tuesday, 11 March 2014

MAKALAH FUNGSI DAN TANGGUNG JAWAB KEPALA SEKOLAH DALAM MENYUSUN PERENCANAAN (PLANNING)

FUNGSI DAN TANGGUNG JAWAB KEPALA SEKOLAH DALAM MENYUSUN PERENCANAAN (PLANNING)
MAKALAH
Di Ajukan Sebagai Tugas Pada Mata Kuliah Administrasi Pendidikan
Dosen pembimbing: Jawer Effendi, M.M


Disusun Oleh:
Sunadinata
           

   
FAKULTAS TARBIYAH SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM
NIDA EL-ADABI
PARUNG PANJANG BOGOR 2014

KATA PENGANTAR

       Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat rahmat dan hidayah-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini  yang membahas mengenai “fungsi dan tanggung jawab kepala sekolah dalam menyusun perencanaan (planning)”. Makalah ini disusun guna memenuhi tugas matakuliah Dasar-dasar pendidikan. Penulis  mencoba memberikan suatu pemahaman yang berguna untuk pembaca. Serta mengembangkan minat untuk mempelajarinya.
Harapan penulis semoga makalah ini bisa bermanfaat bagi  mahasiswa/i STAI NIDA EL-ADABI khususnya semester IV, yang mudah-mudahan berkenan Di hati bapak selaku dosen mata kuliah Administrasi Pendidikan. Penulis menyadadari bahwa makalah ini jauh dari sempurna maka dari itu penulis mohon maaf apabila ada kesalahan dan kekurangan dalam pembuatan makalah ini.









Parung panjang,05 maret 2014
    Penulis



DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR    .........................................................................................i
DAFTAR ISI     .....................................................................................................ii
BAB  I PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang   ............................................................................................ 1
BAB  II PEMBAHASAN
A.  Pengertian perencanaan  .................................................................................  2
B. Syarat-Syarat Perencanaan .................................................................................3
C  Tugas Kepala Sekolah dalam membuat atau menyusun perencanaan   .............4
BAB  III PENUTUP                            
A. Kesimpulan   ........................................................................................................5
DAFTAR PUSTAKA     

BAB I
PENDAHULUAN


A.    Latar Belakang
   Kepala sekolah ,berbicara kepala sekolah  berarti berbicara Kepemimpinan karena kepemimpinan adalah sebuah keputusan dan lebih merupakan hasil dari proses perubahan karakter atau transformasi internal dalam diri seseorang. Kepemimpinan bukanlah jabatan atau gelar, melainkan sebuah kelahiran dari proses panjang perubahan dalam diri seseorang. Ketika seseorang menemukan visi dan misi hidupnya, ketika terjadi kedamaian dalam diri dan membentuk bangunan karakter yang kokoh, ketika setiap ucapan dan tindakannya mulai memberikan pengaruh kepada lingkungannya, dan ketika keberadaannya mendorong perubahan dalam organisasinya, pada saat itulah seseorang lahir menjadi pemimpin sejati. Jadi pemimpin bukan sekedar gelar atau jabatan yang diberikan dari luar melainkan sesuatu yang tumbuh dan berkembang dari dalam diri seseorang.namun dalam makalah ini penulis  lebih tersudut kepada fungsi  dan tanggung jawab kepala sekolah dan penulis mencoba memaparkannya.


BAB II
PEMBAHASAN

A.Pengertian perencanaan ,  Kepala Sekolah  dan tanggung  jawab
     Perencanaan ialah menyelidiki meramalkan,melihat kedepan, memproyeksi   ,memperkirakan apa yang akan terjadi ,dan mencoba untuk menembus tirai  yang esok tidak kelihatan.
      Perencanaan adalah cara berpikir mengenai persoalan-persoalan sosial dan ekonomi, terutama berorientasi pada masa datang, berkembang dengan hubungan antara tujuan dan keputusan – keputusan kolektif dan mengusahakan kebijakan dan program.
     Definisi lain dari perencanaan adalah pemikiran hari depan, perencanaan berarti pengelolaan, pembuat keputusan, suatu prosedur yang formal untuk memperoleh hasil nyata, dalam berbagai bentuk keputusan menurut sistem yang terintegrasi.

Menurut Wilson, Perencanaan merupakan salah satu proses lain, atau merubah suatu keadaan untuk mencapai maksud yang dituju oleh perencanaan atau oleh orang/badan yang di wakili oleh perencanaan itu. Perencanaan itu meliputi : Analisis, kebijakan dan rancangan.
Perencanaan merupakan salah satu syarat mutlak  bagi setiap kegiatan administrator.tanpa perencanaan atau planning,pelaksanaan suatu kegiataan akan mengalami kesulitan dan bahkan kegagalan dalam mencapai tujuan yang di inginkan .perencanaan merupakan kegiatan yang harus dilakukan pada permulaan dan selama kegiatan administrasi itu berlangsung .
Sedangkan kepala sekolah menurut wahjosumijo yaitu kepala sekolah terdiri dari dua kata,yaitu kepala dan sekolah.kata kepala dapat diartikan ketua atau pimpinan dalam suatu organisasi atau sebuah lembaga.sedangkan sekolah adalah sebuah lembaga dimana menjadi tempat menerima dan memberi pelajaran. Dengan demikian secara sederhana  kepala sekolah dapat didefinisikan sebagai  seorang tenaga fungsional guru yang di beri tugas untuk memimpin suatu sekolah di mana di selenggarakan proses belajar mengajar.atau tempat dimana terjadi proses intraksi antara guru yang memberi pelajaran dan murid yang menerima pelajaran.
   Dari uraian diatas ,maka upaya kepala sekolah dapat diartikan bahwa  sesorang pemimpin yang mempunyai usaha dalam pendidikan dan pengajaran yang banyak dibebani dengan kewajiban-kewajiban yang beraneka ragam untuk mencapai tujuan yang di inginkan.
Sedangkan tanggung jawab adalah yang pengertian yang didalamnya mengandung,norma-norma etika,sosial dan scientific yang  berarti bahwa perbuatan-perbuatan yang di pertanggung jawabkan itu baik,dapat di terima  dan disetujui orang-orang lain /masyarakat ,dan mengandung kebenaran yang bersifat umum. Pengertian tanggung jawab berisi pula di dalamnya keberanian mengambil resiko terhadap tantangan,hambatan atau pun rintangan yang mungkin akan menghalangitercapainya pekerjaan-pekerjaan yang telak dianggap/diyakini kebaikan dan kebenaran.
B.    Syarat-syarat perencanaan
Dalam menyusun perencanan syarat- syarat berikut harus di perhatikan:
    Perencanaan harus di dasarkan atas tujuan yang jelas
    Bersifat sederhana realistis dan praktis
    Terinci, memuat segala uraian serta klasifikasi kegiatan dan rangkaian tindakan sehingga mudah di pedomi dan dijalankan
    Memiliki fleksibilitas sehingga di sesuaikan dengan kebutuhan serta kondisi dan situasi sewaktu waktu
    Terdapat perimbangaan antara bermacam-macam bidang yang akan digarap dalam perencaanaan itu,menurut urgensinya masing-masing
    Diusahakan adanya penghemataan tenaga,biaya,dan waktu,serta kemungkinaan penggunaan sumber daya dan dana tersedia dengan sebaik-baiknya
    Diusahakan agar sedapat mungkin tidak terjadi adanya duplikasi pelaksanaan





C.Tugas Kepala Sekolah dalam membuat atau menyusun perencanaan
      Salah satu fungsi utama dan pertama yang menjadi tanggung jawab kepala sekolah adalah membuat atau menyusun perencanaan.Perencanaan merupakan salah satu syarat mutlak bagi setiap organisas,baik perseorangan maupun kelompok.
Oleh karna itu,setiap paling tidak harus membuat rencana tahunan.setiap tahun,menjelang dimulainya tahun ajaran baru,kepala sekolah hendaknya sudah siap menyusun rencana yang akan di laksanakan untuk tahun ajaran berikutnya.sesuai dengan ruang lingkup administrasi sekolah,maka rencana atau perogram tahunan hendaklah mencakup bidang-bidang seperti berikut
1.program pengajaran,seperti antra lain kebutuhan tenaga guru sehubungan dengan kepindahan,pembagian tugas mengajar,pengadaan tugas buku pelajaran,alat-alat pelajaran,dan alat perga,pengadaan atau pengembangan labolatorium sekolah,pengadaan atau pengembangan perpustakaan sekolah, sistem penilaian hasil belajar dll.
2.kesiswaan atau kemuridan,antra lain syarat-syarat dan prosedur penerimaan muri baru,pengelompokan siswa atau murid dan pembagian kelas,bimbingan  atau konseling murid ,pelayanan kesehatan murid(UKS),dan sebagainya
3.kepegawaian,seperti penerimaan dan penempatan guru atau pegawai baru,pembagian tugas/pekerja guru dan pegawai sekolahmutasi dan promosi guru dan pegawai sekolah,dan sebagainya
4.keuangan,yang mencakup pengadaan dan pengelolaan keuangan untuk berbagai kegiatan yang telah direncanakan,baik uang yang berasal dari pemerintah dari POMG atau BP3,atau sumber lainnya.
5.perlengkapan,yang meliputi perbaikan atau rehabilitas gedung sekolah,penambahan ruangan kelas,perbaikan atau pembuatan pagar pekarangan sekolah,perbaikan atau pengadaan bangku murid,dan sebagainya. Pelu di perhatikan,bahwa dalam menyusun rencana tahunan ini,guru-guru dan pegawai sekolah hendaknuya di ikut sertakan.ikut sertanya guru- gurudan pegawai  sekolah dapat membantu pemikiran dan ide-ide serta pemecahan masalah yang mungkin tidak terpikirkan atau tidak dapat dipecahkan sendiri oleh kepala sekolah.Disamping itu,dengan diikut sertakannya guru-guru dan pegawai sekolah,mereka akan merasa bertanggung jawab dalam melaksanakan kegiata-kegiatan yang telah mereka rencanakan dan mereka sepakati bersama.


BAB III
PENUTUP

 KESIMPULAN
1.    Dari pemaparan di atas dapat disimpulkan bahwa fungsi dan tanggung jawab kepala sekolah merupakan syarat utama dalam  kepemimpinaan ,tanpa memiliki rasa tanggung jawab orang tidak akan dapat menjadi pemimpin pemimpin juga  bukan sekedar gelar atau jabatan yang diberikan dari luar melainkan sesuatu yang tumbuh dan berkembang dari dalam diri seseorang.di samping itu juga kepala sekolah  mempunyai tanggung jawab yang berat dan salah satunya  menyusun rencana yang akan di laksanakan untuk tahun ajaran berikutnya.sesuai dengan ruang lingkup administrasi sekolah,maka rencana atau perogram tahunan hendaklah mencakup bidang-bidang seperti berikut :
    program pengajaran
    Kesiswaan atau kemuridan
    Kepegawaian
    Keuangan
    perlengkapan
DAFTAR PUSTAKA

Wahjo Sumidjo, Kepemimpinan Kepala Sekolah (Jakarta : Raja Grafindo Persada, 2002), 83
Purwanto M Ngalim Administarsi Dan Supervisi Pendidikan (Bandung :Remaja Rosda Karya) cet 17 2007




JANGAN PUTUS ASA

KETIKA.......
KAU TAK SANGGUP MELANGKAH
HILANG.....ARAH
DALAM KESENDIRIAN
TIADA MENTARI  YANG MENYINARI
BAGAI MALAM YANG KELAM
TIADA TEMPAT UNTUK BERLABUH
BERTAHAN TERUS BERHARAP
ALLAH SWT DISISIMU
INSYAALLAH ADA JALAN

Monday, 3 March 2014

KEINGINAN SUAMI DAN ISTRI DALAM MEMBANGUN KELUARGA

SUAMI YANG DI HARAPKAN
OLEH SEORANG ISTRI
TIDAK SEMULIA MUHAMAD SAW
TIDAK SETAQWA IBRAHIM AS
TIDAK SESABAR AYUB AS
TIDAK SEGAGAH MUSA AS
JUGA TIDAK SETAMPAN YUSUP AS
JUGA TIDAK MERASA BENAR
 ATAU PALING BENAR
TAPI BERUSAHA MENJADI BENAR
YANG MEMILIKI KEINGINAN UNTUK MEMBANGUN 
KELUARGA YANG SAKINAH,WAWADAH, WARAOHMAH
BEGITU JUGA SEORANG ISTRI YANG DI HARAPKAN 
OLEH SEORANG SUAMI
TIDAK SEMULIA KHADIZAH 
TIDAK SETABAH FATIMAH
JUGA TIDAK SECANTIK SARAH
NAMUN SEKEDAR ISTRI AKHIR ZAMAN
YANG MEMILIKI KEINGINAN BESAR
MENJADI SOLEHAH YANG AKAN BERSAMA-SAMA
MEMBANGUN KELUARGA YANG SAKINAH ,MAWADAH,WAROHMAH....