Wednesday 12 November 2014

Bagaimana tuna rungu dapat mendengar

Advertisements

     Tuna rungu atau yang sering populer didengar di kalang masyarakat bisa di sebut orang yang tidak bisa mendengar. Tuna rungu  dapat menangkap perkataan orang lain dan berbicara dengan orang lain biasanya dengan menggunakan bahasa tubuh . bahasa tubuh ini  adalah suatu cara untuk mengganti bahasa sehari-hari dengan menggunakan pergerakan jari tangan , isyarat ,dan ekpresi muka . Biasanya bahasa tubuh cepat di tanggap dari pada menggunakan bahasa suara.



1. Membaca bibir
    
     Selain tuna rungu  dapat menangkap perkataan orang lain melalui pergerakan jari tangan , isyarat ,biasanya tuna rungu  juga membaca bibir  dengan  cara mengenali bentuk dan gerak bibir, mulat ,dan lidah sipembicara ,setiap bntuk gerakan tersebut begitu mengandung arti bagi seorang tuna rungu .




2. Menggunakan Alat Bantu Pendengaran
        
   Alat bantu pendengaran bagi seorang  penderita   tuna rungu dapat membuat mereka mendengar suara selayaknya orang yang normal  mendengar. 
  
   Pendengara ini biasa disebut cochlear ,alat ini biasnya di diletakan diluar telinga sehingga jika ada suara dari luar, suara itu akan dirubah oleh alt ini menjadi suara yang keras . tuna rungu yang menggunakan alat ini biasanya kursus berbicara agar dapat berbicara seperti orang normal.

    Meskipun orang mengatakan tuna rungu memiliki keterbatasan ,namun semua itu menjadi mereka putus asa , justru sebaliknya dengan keterbatasan mereka memiliki motivasi yang luar biasa , sehingga mereka bias berguna bagi masyarakat  dan negara khususnya.
Advertisements

Related Post:

No comments:

Post a Comment