Wednesday 12 November 2014

Alat penunjuk arah

Advertisements

   Kompas

    Kompas  merupakan alat penunjuk arah yang memberikan arah informasi yang tepat karena kompas selalu menunjuk ke satu arah tertentu.

    Pada umunya kompas digunakan pada pesawat udara, kapal laut peluru kendali , selain itu juga kompas biasanya digunakan para pramuka dan  penjelajah alam  untuk mengetahui dan merintis jalan baru.



     Para pramuka dan penjelajah biasanya hanya menggunakan kompas sederhana yang tersusun atas jarum baja bermagnet yang melekat pada lempeng plastik berbentuk cakram dengan tanda-tanda mata angin.
 
    Dengan demikian, kompas sangat penting saat kita berada disuatu tempat yang belum kita ketahui dengan rambu penunjuk arah.


 Kompas Magnet
   
     Kompas magnet ini merupakan alat penentu arah horizontal dengan memanfaatkan gaya titik medan magnet bumi.
  
    kompas magnet ini kurang dapat dipercaya apbila kita sedang berada di dekat kutub yang di tunjuk oleh kompas magnet tersebut dapat berbeda pada kutub sebenarnya.

   Hal ini disebabkan ketidak teraturan sifat magnet pada kulit bumi sehingga arah kutub dapat berubah setiap hari.

Giroskop

    Giroskop berupa sebuah roda yang berputar pada sebuah poros dan dapat pula berputar pada poros lain. giroskop juga dapat di artikan sejenis kompas yang tidak memanfaatkan medan bumi untuk menentukan arah



Advertisements

Related Post:

No comments:

Post a Comment