Friday 26 September 2014

SUMBER DAYA ALAM YANG DAPAT DIPERBAHARUI

Advertisements

SUMBER DAYA ALAM YANG DAPAT DIPERBARUI

1. TANAH
         Tanah adalah tempat kita berpijak dan mahlik-mahluk lainnya  yang tinggal diatas tanah. ada banyak sekali jenis-jenis tanah di antaranya yaitu:

a.Tanah vulkanik yaitu tanah yang berasal dari endapan abu letusan gunung berapi. Abu yang dikeluarkan bercampur dengan tanah inilah yang disebut tanah vulkanik.tanah vulkanik sangat subur ,tanah ini sangat baik untuk bercocok tanam .Tanah vulkanik dapat di temukan dilereng-lereng gunung merapi.
b.Tanah humus yaitu tanah hasil campuran daun-daun yang jatuh  kemudian  membusuk ,setelah membusuk dedaunan itu bercampur dengan tanah .campuran inilah yang disebit dengan tanah humus atau disebut juga tanah organik. tanah ini sangat baik untuk bercocok tanam .kita dapat menemukan tanah humus dihutan-hutan  yang masih lebat.
c.Tanah gembut tanah gembut berbentuk dari tumbuhan-tumbuhan rawa.tumbuhan ini membusuk dan tertimbun selama bertahun-tahun, ciri tanah gembut adalah lunak dan basah .tanah gembut kurang baik untuk pertanian karna tidak subur. tanah gembut banyak terdapat di sumatra ,kalimantan ,dan papua.

2.HUTAN
      Hutan adalah sekumpulan pohon yang mempunyai ciri khas yaitu pohon dan binatang liar. kegunaan hutan yaitu, untuk menahan erosi. menyimpan air, menyediakan kayu untuk bahan-bahan bangunan dan sebagai paru-paru lingkungan. penyebab kerusakan hutan yaitu, penebangan hutan secara liar, kebakaran hutan yang terjadi pada musim kemarau ,pembakaran hutan untuk membuat ladang.

3.HEWAN 
       hewan adalah suatu Ada hewan atau binatang liar dan peliharaan , contoh binatang liar yaitu ,gajah, harimau ,buaya,rusa beruang ,dan kancil. contoh hewan ternak antara lain sapi,kambing ,kerbau,ayam ,itik, kelinci ,

4 .AIR
     semua mahluk hidup pasti memerlukn air selain untuk keperluan sehari-hari masih banyak kegunaan airantara lain untuk mengairi sawah ,memelihara ikan ,sarana trasportasi ,dan pembangkit listri.
Advertisements

Related Post:

No comments:

Post a Comment